Mekanisme Dan Persyaratan Perpanjangan Atau Pengesahan STNK

Persyaratan Perpanjangan Atau Pengesahan STNK. Setiap wajib pajak yang datang ke kantor SAMSAT untuk melakukan perpanjangan STNK wajib untuk mematuhi persyaratan yang ada.  Mekanisme serta Persyaratan untuk Perpanjangan Atau Pengesahan STNK ini biasanya terpampang di papan pengumuman yang ada di kantor SAMSAT.

Jika masih bingung, sebaiknya tanyakan saja kepada petugas jaga atau petugas terkait yang melayani. Hindari jasa calo saat pengurusan perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan yang Anda miliki. Karena Anda akan mengeluarkan biaya ekstra jika pengurusan perpanjangan STNK Anda serahkan kepada calo.

Sebaiknya jika memungkinkan dan ada waktunya, urus sendiri agar Anda juga punya pengalaman dalam pengurusan perpanjangan surat kendaraan Anda. Begitu juga cara pengisian formulir juga sudah ada contohnya. Anda bisa melihat dan bertanya dengan orang yang ada di sekitar Anda. Ya, kalau memang mentok tanyakan langsung sama petugas jaga yang ada di kantor samsat. Nanti Anda akan di bantu oleh petugas piket atau petugas jaga yang sedang bertugas di sana.

Begini Mekanisme Dan Persyaratan Perpanjangan Atau Pengesahan STNK

Sebelum Anda melakukan perpanjangan STNK ke kantor samsat, Anda harus mempersiapkan beberapa syarat antara lain sebagai berikut:

1.STNK Asli dan fotocopy, siapkan saja keduanya

2.KTP Asli dan fotocopy , siapkan saja dua-duanya

3.BPKB Asli atau legalisir dari leasing jika kendaraan Anda masih berstatus kredit

4.Formulir perpanjangan STNK yang bisa Anda dapatkan di kantor Samsat

Setelah Anda mengisis formulir perpanjangan STNK, Anda lampirkan semua berkas yang sudah di siapkan tadi, lalu mendaftar di loket pengesahan. Setelah itu tunggu sebentar lalu Anda akan di beri slip yang berisi nominal pembayaran yang harus Anda bayarkan di loket pembayaran. Setelah Anda selesai melakukan pembayaran kemudian bawa bukti pembayaran Anda ke loket pengambilan STNK. Nah, cukup simpel bukan ?

Sebenarnya proses perpanjangan ini hanya memakan waktu kurang lebih 1 jam saja. Hanya saja karena banyaknya jumlah orang yang akan memperpanjang STNK kendaraannya maka prosesnya jadi lama karena banyaknya antrian. Oleh karena itu jika Anda ingin melakukan perpanjangan stnk ini sebaikanya datang ke kantor samsat lebih pagi sebelum banyak orang yang datang. Agar mendapatkan antrian di awal sehingga lebih cepat selesai.

Demikian tadi sudah kami sampaikan mengenai Mekanisme Dan Persyaratan Perpanjangan Atau Pengesahan STNK di kantor SAMSAT. Usahakan untuk mengurus sendiri perpanjangan surat kendaraan bermotor yang Anda punya. Jangan menggunakan jasa perantara alias calo yang saat ini masih terus berkeliaran. Padahal di setiap kantor SAMSAT sendiri di tulis untuk menghindari jasa calo saat mengurus perpanjangan surat kendaraan. Tapi nyatanya mereka mash tetap ada dan tetap eksis. Demikian Semoga tulisan kami bermanfaat. Terima kasih

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Tanya Kaca Film Via WA